tips merawat kaos polos jakarta

Tips Merawat Kaos Polos Agar Selalu Nyaman Dipakai

Dibandingkan dengan beberapa jenis pakaian, kaos polos lebih sering dikenakan tapi jarang orang mengetahui cara merawat kaos agar tidak cepat rusak. Banyak diantara kita yang tidak mengetahui cara merawat kaos polos agar tetap awet seperti baru. Berikut ini tips mencuci kaos polos agar tahan lama dan selalu nyaman dipakai:

1. Jangan rendam kaos polos terlalu lama

Jangan menggunakan deterjen terlalu banyak dan merendam kaos terlalu lama. Deterjen dapat menyebabkan kaos cepat rusak. Untuk kaos baru jangan merendam melebihi 30 menit, sedangkan untuk kaos lama jangan merendam lebih dari 1 jam.

2. Pisahkan saat pencucian

Pisahkan kaos polos yang berwarna putih dengan kaos-kaos yang berwarna kuat, seperti biru, merah, hijau, hitam dan sebagainya. Ini untuk mencegah kalau kaos yang berwarna kuat tersebut luntur, tidak mengakibatkan kaos putih anda terkena dampaknya.

3. Jangan mengucek terlalu kuat dan menyikat kaos polos anda

Hindari menyikat kaos saat pencucian. Kaos berbahan katun memiliki tekstur yang lembut, penyikatan yang kuat dapat menyebabkan tekstur tersebut rusak. Hindari juga memeras dan mengucek kaos anda terlalu kuat karena bisa merusak pori-posi kaos.

4. Jemur terbalik

Sinar matahari bisa menyebabkan warna kaos anda memudar, untuk itu setelah pencucian jemur kaos  anda dengan posisi terbalik. Bila kaos anda memiliki gambar hasil sablon, tehnik jemur terbalik ini juga sangat efektif menjaga kualitas sablon tetap awet pada kaos anda.

5. Hindari menggantung kaos saat di jemur

Hindari menggantung kaos menggunakan hanger karena dapat mengakibatkan bagian leher kaos menjadi melar. Ini diakibatkan bagian leher tidak kuat menahan beratnya beban air yang masih terkandung di kaos basah.

6. Hindari penggunaan pemutih saat mencuci kaos

Pemutih atau detergen yang mengandung pemutih mengandung zat kimia yang sangat kuat yang dapat menyebabkan kaos menjadi kasar dan cepat tipis. Jauhkan pemutih dari kaos anda.

7. Hindari mencuci kaos polos dengan mesin cuci

Mencuci kaos secara manual dengan tangan jauh lebih baik dibandingkan mencuci dengan mesin cuci. Pencucian dengan mesin cuci dapat menyebabkan kaos menjadi mudah melar dan pori pori kaos menjadi kasar.

8. Setrika kaos dalam kondisi kering

Agar kaos polos awet tahan lama, pastikan selalu di setrika setelah pencucian. Atur panas setrika pada posisi sedang dan kaos dalam kondisi benar-benar kering.

Demikian beberapa tips merawat kaos polos agar tetap awet dan selalu nyaman dikenakan. Silahkan dipraktekan dan semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *